Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh kualitas produk dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas kosumen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner kepada 102 konsumen pengguna sepeda motor Honda di Desa Sampung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo dengan menggunakan metode convenience sampling. Hasil Uji t menunjukkan kualitas produk (X1) mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen (X2) dengan nilai thitung 6,303 > ttabel 1,983. Variabel kepuasan konsumen (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas (Y) dengan nilai thitung 3,221 > ttabel 1,983. Variabel kualitas produk (X1) mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas dengan nilai thitung 2,165 > ttabel 1,983. Penelitian ini membuktikan bahwa loyalitas dipengaruhi oleh kualitas produk dengan kepuasan konsumen sebagai partial mediating. Kualitas produk berpengaruh terhadap Loyalitas secara langsung dan dapat berpengaruh terhadap Loyalitas secara tidak langsung melalui kepuasan konsumen.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JRMA terindeks dalam:
Google Scholar : Indonesian Publication Index (IPI) : Indonesia OneSearch : Garba Rujukan Digital (GARUDA) : ResearchGate