Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen

Rengky Glorius Sadika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh kualitas produk dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas kosumen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner kepada 102 konsumen pengguna sepeda motor Honda di Desa Sampung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo dengan menggunakan metode convenience sampling. Hasil Uji t menunjukkan kualitas produk (X1) mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen (X2) dengan nilai thitung 6,303 > ttabel 1,983. Variabel kepuasan konsumen (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas (Y) dengan nilai thitung 3,221 > ttabel 1,983. Variabel kualitas produk (X1) mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas dengan nilai thitung 2,165 > ttabel 1,983. Penelitian ini membuktikan bahwa loyalitas dipengaruhi oleh kualitas produk dengan kepuasan konsumen sebagai partial mediating. Kualitas produk berpengaruh terhadap Loyalitas secara langsung dan dapat berpengaruh terhadap Loyalitas secara tidak langsung melalui kepuasan konsumen.

Keywords


kualitas produk; kepuasan konsumen; loyalitas

Mitra Usaha pertanian dan peternakan

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JRMA terindeks dalam:

Google Scholar : Indonesian Publication Index (IPI) : Indonesia OneSearch : Garba Rujukan Digital (GARUDA) : ResearchGate


http://103.245.139.100/jurnal//public/site/images/jrma_ardian/google-scholar-hulondalo.id__120 http://103.245.139.100/jurnal//public/site/images/jrma_ardian/ipi1_120 http://103.245.139.100/jurnal//public/site/images/jrma_ardian/onesearch_120 http://103.245.139.100/jurnal//public/site/images/jrma_ardian/researchgate_120 http://103.245.139.100/jurnal//public/site/images/jrma_ardian/garuda1_429