KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIK
Abstract
Di era globalisasi ini perusahaan-perusahaan cenderung banyak mendapat tekanan baik dari segi internal maupun eksternal. Tekanan-tekanan tersebut salah satunya adalah tekanan dimana perusahaan harus melakukan tanggung jawab sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh bukti empiris tentang pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) pada laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pengungkapan sosial perusahaan perlu dilakukan sebagai wujud pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi organisasi terhadap kelompok khusus yang berkepentingan, karakteristik perusahaan yang digunakan sebagai penelitian ini, antara lain: size, profitabilitas, profil, dewan komisaris, leverage, kepemilikan institusional, dan kepemilikan asing. Sampel yang menjadi objek penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010 dan 2011. Total sampel penelitian untuk dua tahun pengamatan adalah 36 sampel, dengan mengunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa size, profil, dan kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR di Indonesia. Sementara itu, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, leverage, dan kepemilikan asing tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR di Indonesia
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JRMA terindeks dalam:
Google Scholar : Indonesian Publication Index (IPI) : Indonesia OneSearch : Garba Rujukan Digital (GARUDA) : ResearchGate