Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Sistem Aplikasi Pengguna Gojek terhadap Kepuasan Konsumen pada Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

Chrisna Yudha Mahendra Putra, Dyah Kurniawati

Abstract


Penyedia jasa transportasi ojek di Indonesia berkembang semakin banyak, namun tingkat keselamatan, kesopanan, perlengkapan keselamatan bagi penumpang kurang diperhatikan oleh penyedia jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kualitas layanan yang dipersepsikan oleh para pengguna GOJEK. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang yang pernah menggunakan aplikasi GOJEK minimal 1 kali. Pengambilan data menggunakan instrument kuesioner. Pengujian data menggunakan regresi linear berganda yang diolah dengan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan kualitas layanan dan kualitas sistem aplikasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Pengukuran kualitas layanan menggunakan variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty, tangible, pengukuran kualitas sistem aplikasi menggunakan variabel easy of use, response time, reliability, flexibility, security dan pengukuran kepuasan konsumen menggunakan variabel mystery shopping, sistem keluh dan saran, lost customer analysis.

Keywords


kualitas layanan, kualitas sistem, kepuasan konsumen, ojek online

Mitra Usaha pertanian dan peternakan

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JRMA terindeks dalam:

Google Scholar : Indonesian Publication Index (IPI) : Indonesia OneSearch : Garba Rujukan Digital (GARUDA) : ResearchGate


http://103.245.139.100/jurnal//public/site/images/jrma_ardian/google-scholar-hulondalo.id__120 http://103.245.139.100/jurnal//public/site/images/jrma_ardian/ipi1_120 http://103.245.139.100/jurnal//public/site/images/jrma_ardian/onesearch_120 http://103.245.139.100/jurnal//public/site/images/jrma_ardian/researchgate_120 http://103.245.139.100/jurnal//public/site/images/jrma_ardian/garuda1_429