Analisis Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Madiun
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh faktor psikologis konsumen yang meliputi motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap konsumen secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di Kota Madiun. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli sepeda motor Yamaha dengan kurun waktu pembelian 2 tahun terakhir pada Dealer Cahya Motor dan Dealer Solo Motor. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan quota sampling. Hasil analisis data menunjukan faktor psikologis konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepada motor. Motivasi konsumen dan persepsi konsumen secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan pembelajaran konsumen dan sikap konsumen secara parsial berpengaruh signifikan dengan arah hubungan positif terhadap keputusan pembelian sepada motor Yamaha di Kota Madiun.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JRMA terindeks dalam:
Google Scholar : Indonesian Publication Index (IPI) : Indonesia OneSearch : Garba Rujukan Digital (GARUDA) : ResearchGate