Pengaruh Faktor-faktor yang Memotivasi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah produk, harga, pelayanan, dan lokasi berpengaruh secara simultan maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli perlengkapan dan aksesoris komputer di Toko Maju Hardware Madiun, dan jumlah sampel sebagai responden sejumlah 114 orang dengan syarat responden telah melakukan pembelian minimal 2 kali dan responden yang berperan sebagai pembeli sekaligus pengguna. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah purposive sampling. Hasil menunjukkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,525 artinya 52,5% keputusan pembelian konsumen dapat dijelaskan oleh variabel produk, harga, pelayanan, dan lokasi sedangkan sisanya 47,5% (100% -52,5%) dijelaskan sebab-sebab lain. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan Uji t diketahui bahwa variabel produk, harga, dan pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen. Hanya variabel lokasi yang tidak berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan Uji F variabel produk, harga, pelayanan, dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JRMA terindeks dalam:
Google Scholar : Indonesian Publication Index (IPI) : Indonesia OneSearch : Garba Rujukan Digital (GARUDA) : ResearchGate