PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PERPAJAKAN, BIAYA KEPATUHAN PAJAK, PENERAPAN E-FILLING, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK

Denny Rahmawati, Sri Rustiyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, sanksi perpajakan, biaya kepatuhan pajak, penerapan e-filling dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian dilakukan terhadap 91 responden yaitu WP OP pengusaha dan/atau pekerja mandiri yang terdaftar di KPP Pratama Madiun. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan metode purposive sampling untuk menentukan sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, penerapan e-filling dan kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Pada saat yang sama sanksi pajak dan biaya kepatuhan pajak tidak mempengaruhi kepatuhan wajib pajak.


Keywords


Sanksi perpajakan; biaya kepatuhan pajak; e-filling; kesadaran wajib pajak; kepatuhan wajib pajak

Mitra Usaha pertanian dan peternakan

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JRMA terindeks dalam:

Google Scholar : Indonesian Publication Index (IPI) : Indonesia OneSearch : Garba Rujukan Digital (GARUDA) : ResearchGate


http://103.245.139.100/jurnal//public/site/images/jrma_ardian/google-scholar-hulondalo.id__120 http://103.245.139.100/jurnal//public/site/images/jrma_ardian/ipi1_120 http://103.245.139.100/jurnal//public/site/images/jrma_ardian/onesearch_120 http://103.245.139.100/jurnal//public/site/images/jrma_ardian/researchgate_120 http://103.245.139.100/jurnal//public/site/images/jrma_ardian/garuda1_429