UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada Tahun Ajaran 2011/2012 semester II kelas VII SMP Negeri 14 Madiun dengan subyek penelitian siswa kelas VIIE. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut:
- Hasil pengamatan keaktifan siswa pada siklus I mempunyai persentase siswa yang aktif sebesar 70, 10%, siklus II mempunyai persentase siswa yang aktif sebesar 64, 97%, siklus III mempunyai persentase siswa yang aktif sebesar 70, 20%.
- Hasil tes prestasi belajar matematika siswa pada siklus I mempunyai nilai rata- rata tes sebesar 49,23 dengan persentase ketuntasan 33,33%, siklus II mempunyai nilai rata-rata tes sebesar 51 dengan persentase ketuntasan 23,08%, dan siklus III mempunyai nilai rata-rata tes sebesar 46,67 dengan persentase ketuntasan 53,33%.
Refbacks
- There are currently no refbacks.