ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM PEMBUKTIAN IDENTITAS TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KECERDASAN ADVERSITAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam pembuktian identitas trigonometri ditinjau dari kecerdasan adversitas untuk siswa dengan tipe quitters, campers dan climbers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa quitters memahami dulu masalahnya kemudian siswa berusaha mengingat rumus sesuai dengan yang diajarkan gurunya. Pada tahap selanjutnya siswa mencoba untuk mengubah yang diketahui pada soal namun dalam prosesnya siswa kebingungan karena siswa lupa dengan rumus yang telah di ajarkan. Siswa quitters masih keliru dalam penjabaran persamaan identitas trigonometri menjadi persamaan identitas trigonometri yang lainnya. Siswa quitters sudah puas dengan hasil yang didapatkan. Siswa quitters menyerah sebelum menghadapi tantangan. Proses berpikir siswa dengan tipe campers dalam mengerjakan identitas trigonometri yaitu siswa memahami masalahnya, mengingat rumus identitas trigonometri, kemudian siswa mencoba menjabarkan hal pada soal tersebut sesuai dengan persamaan pada soal. Siswa campers kebingungan dalam menerapkan rumus. Siswa campers terus mengerjakan soal yang diberikan, apabila mengalami kesulitan siswa campers mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Siswa campers cukup puas dengan hasil yang dia dapatkan tanpa menghitung ulang atau mengecek kembali jawabannya. Proses berpikir siswa dengan tipe climbers dalam mengerjakan identitas trigonometri yaitu siswa memahami masalah pada soal tersebut tanpa mengeluh kesulitan dan tanpa merasa bosan. Mengubah persamaan satu ke persamaan yang lain serta melakukan manipulasi. Dengan usaha kerasnya tersebut siswa dengan tipe climbers dapat menyelesaikan soal yang diberikan. Siswa climbers pantang menyerah dalam menghadapi kesulitan, siswa climbers terus mengerjakan soal dan tidak mau mencontek. Siswa climbers mencoba berbagai cara untuk mengerjakan soal.
Refbacks
- There are currently no refbacks.