PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMECAHAN MASALAH POLYA SISWA KELAS VII SMPK St. BERNARDUS MADIUN
Abstract
Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran kontekstual dengan pemecahan masalah yang nantinya akan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Pengembangan ini dilakukan di kelas VII SMPK St. Bernardus Madiun. Tahap di dalam penelitian ini meliputi Pendefinisian (define), Perancangan (design), Pengembangan (develop), dan Pendiseminasian (disseminate). Dan penelitian dikatakan berhasil apabila memenuhui beberapa kriteria yaitu valid, prasktis, dan efektif. Adapun perangkat yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Kerja Siswa, Buku Pedoman Guru dan Tes Hasil Belajar. Setelah diujicobakan perangkat yang dikembangkan memenuhi validitas dan kepraktisan. Namun perangkat yang dikembangkan belum efektif. Perangkat pembelajaran dikemas dalam satu paket perangkat pembelajaran sebagai salah satu acuan pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kontekstual pada pokok bahasan perkalian bentuk aljabar kelas VII SMP dengan beberapa perbaikan.Uji coba ke dua tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Namun demikian peneliti telah melakukan perbaikan terhadap perangkat pembelajaran sesuai dengan revisi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.