ANALISIS SOSIOLINGUISTIK PADA STATUS FACEBOOK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PSIKOLOGIS REMAJA

Kevin Sean Keefe Louhenapessy, Redi Pustaka, Badriatus Sa'adah

Abstract


Tujuan  penelitian  yang  berjudul  Analisis  Sosiolinguistik  Pada  Status Facebook   dan  Pengaruhnya  Terhadap  Psikologis  Remaja  adalah  (1)  untuk memaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi pikologis remaja dalam membuat status facebook (2) untuk memaparkan  potensi yang dihasilkan remaja setelah membuat status facebook (3) untuk mendeskripsikan  ragam bahasa baru yang dihasilkan  remaja.  Dalam  melakukan  analisis,  peneliti   mengumpulkan  data penelitian  dengan  metode  penelitian  kepustakaan.  Peneliti  juga  menggunakan metode deskriptif karena metode ini adalah metode yang sesuai  untuk membahas masalah-masalah dalam penelitian ini. Metode ini menggunakan beberapa langkah yaitu mengumpulkan data, menyusun data, mengklasifikasikan data, menganalisis data, dan  menginterpretasikan data. Data primer diperoleh dari sample berupa kuisioner yang disebar  pada responden di rentang usia 16-18 tahun.

Teori yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah teori Sosiolinguistik dari dan Big Five Theory (Teori Psikologi). Selain itu, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologis.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang nilai moral yang tercermin pada karakteristik remaja dalam status facebook. Adapun aspek- aspek  yang  dibahas   adalah  sebagai  berikut  (1)  Adanya  faktor-faktor  yang mempengaruhi psikologis remaja  dalam membuat status facebook (2) Potensi positif dan ide kreatif oleh remaja setelah membuat status (3) Munculnya ragam bahasa baru yang dapat dikembangkan sebagai eksistensi perkembangan bahasa remaja.

Kata Kunci: sosiolinguistik, facebook, psikologis, remaja


Refbacks

  • There are currently no refbacks.